Sunday 1 September 2013

Teknik Memasak


Teknik memasak dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Teknik memasak kering (cooking by dry heat)
  • Teknik memasak basah (cooking by moist heat) 
  •  

Teknik memasak kering (cooking by dry heat)

Teknik ini tidak menggunakan air untuk proses memasaknya tetapi menggunakan radiasi panas yang sangat tinggi. Yang termasuk pada teknik ini adalah Grilling, Roasting, Baking, Shallow frying, Deep frying.
  1. Grilling
    adalah teknik memasak dengan menggunakan radiasi panas yang sangat tinggi secara langsung. Contoh masakan Ayam bakar, pepes jamur, ikan bakar , dll.
  2. Roasting
    adalah teknik memasak dengan menggunakan radiasi panas yang didapan dari oven. Contoh masakan Ayam panggang, bebek panggang, dll.
  3. Baking
    adalah teknik memasak yang hampir sama dengan roasting, tetapi teknik ini khusus untuk memanggang roti.
  4. Shallow frying
    adalah teknik memasak dengan menggunakan minyak sedikit yang biasa digunakan untuk menumis.
  5. Deep frying
    adalah teknik memasak dengan menggunakan minyak banyak yang biasa digunakan untuk menggoreng. Contoh masakan Ayam goreng, samosa, spring roll, empal gurih, perkedel kentang, dll.


Teknik memasak basah (cooking by moist heat)

Teknik memasak ini menggunakan bahan cair untuk proses memasaknya. Yang termasuk pada teknik ini adalah Boilling, Braising, Poaching, Simmering, Steaming, Blanching.
  1. Boilling
    adalah teknik memasak dengan air yang mendidih dengan bahan makanan yang lebih sedikit dari  bahan cair. Perbandingan antara bahan cair dengan bahan makanan adalah 2 : 1. Contoh masakan Sayur asam jakarta, gulai daun perancis, dll.
  2. Braising
    adalah teknik memasak dengan air yang mendidih dengan bahan makanan yang lebih banyak dari bahan cair. Perbandingan antara bahan cair dengan bahan makanan adalah 1 : 2. Contoh masakan Ayang goreng kecap, braised beef, braised rolled cabbage.
  3. Poaching
    adalah teknik memasak makanan dalam sedikit cairan dengan panas yang diatur agar jangan sampai mendidih. Bahan makanan yang diproses dalam metode poaching adalah unggas, telur, daging ikan, dll.
  4. Simmering
    adalah teknik memasak yang menggunakan api kecil dengan jumlah makanan yang lebih sedikit. Perbandingan bahan cair dengan bahan makanan adalah 2 : 1. Contoh masakan Rawon, dll.
  5. Steaming
    adalah teknik memasak dengan menggunakan uap air yang biasa disebut dengan "mengukus". Contoh masakan aneka bolu, ikan, dll.
  6. Blancing
    adalah teknik memasak merebus bahan makanan dengan tujuan tidak melunakan bahan makanan tersebut. Contoh memblansir daun singkong, kol, bayam, dll.



- SEMOGA BERMANFAAT -

5 comments:

  1. ka mau tanya dong apa bedanya shallow frying sma sauteing? sama apa tujuan blanching yang tadi di sebutkan tidak untuk melunakan makanan trsbut. kurang mengerti maaf sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Shallow frying itu jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng hanya sedikit yaitu dapat merendam sekitar 1/3 bagian makanan yang digoreng. Sauteing yaitu menumis, jumlah minyak yg digunakan lebih sedikit dari shallow frying dg tujuan untuk mendapatkan aroma dan warna makanan saja
    Nah untuk blanching yang dimaksud adalah merebus makanan hanya sampai setengah matang dan biasanya bahan makan yang mudah lunak jadi tidak perlu di rebus lama. Sekian penjelasannya jika masih kurang paham bisa ditanyakan kembali. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat penting, selain itu perhatikan juga apa alat memasak Anda sudah sehat?

    ReplyDelete
  4. Metode bahan panas apa yang sering digunakan pada main course?

    ReplyDelete